Translate

Rabu, 18 Desember 2013

MELINTASI 3 GUNUNG DI JAWA BARAT

Oleh : Mufidah Harahap

Babelan - Bekasi (Jawa Barat)
Gunung Batu - Jonggol - Jawa Barat
Gunung Gede - Cibodas - Jawa Barat
Gunung Geulis - Cisarua (Bogor) - Jawa Barat
Jam 12:05  berangkat dari Babelan, menelusuri jalan-jalan beton yang menghiasi
Kota Babelan, awan mendung bergayut di langit yang kini bewarna abu-abu.
 Babelan (Bekasi) - Jawa Barat
Black Sweet terus melaju membelah Kota Bekasi dengan hujan yang mulai turun perlahan.
Perlahan Kami meninggalkan Bekasi dan mulai memasuki daerah Cileungsi, Black Sweet Melewati Taman Buah Mekarsari (Taman Wisata).
 Perapatan Cileungsi - Jawa Barat
Jam 13.30, Black Sweet melewati terminal Cileungsi dan terus melaju, langit kembali cerah dan awan hitam menghilang entah kemana.
Terminal Cileungsi - Jawa Barat
 Pintu gerbang Taman Buah Mekarsari, Cileungsi - Jawa Barat
Motor kembali ramai
Jam 14.00 Black Sweet memasuki Jonggol
Jonggol - Jawa Barat
Jalan berbelok-belok, kadang lurus, di kiri kanan terbentang perkebunan dengan latar belakang gugusan bukit yang berdiri kokoh, menambah kekaguman ku pada Mu Allah.
Masih banyak daerah di Negeriku yang indah untuk di kunjungi dengan segala macam pesona dan keramahannya, juga tak lupa masakannya (kuliner).

Menikmati kuliner di ' Ciriu (Jonggol) - Jawa Barat
Black Sweet meneruskan perjalanan, kembali melewati jalan berkelok-kelok.
Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung sari, Cariu, Bogor, di sinilah WWPR (Wahana Wisata Penangkaran Rusa) beraada. Kami tidak mampir untuk memasuki dan melihat penangkaran rusa, Black Sweet meneruskan perjalanan dengan santainya.
Di Jonggol juga ada Peternakan Kambing perah dan Perkebunan Jamur, juga di sepanjang jalan banyak terdapat penjual buah-buahan.
 Jonggol - Jawa Barat
Black Sweet, terus melaju menuju Puncak Pinus, Cikalong Wetan (Jonggol).
Jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok, kami menikmati indahnya alam cariu, G.batu, Jonggol.
 Gunung Batu - Jonggol (Jawa Barat)

Akhirnya Kami sampai di Puncak Pinus, Cikalong Wetan - Jonggol. Kami istirahat sebentar di pinggir jalan, pada warung-warung yang berjejer untuk menikmati sejuknya alam.
Puncak Pinus - Jonggol (Jawa Barat)

Puncak Pinus kami lewati, Black Sweet terus melaju dengan turunan yang juga berkelok-kelok.

Menikmati Durian di pinggir jalan

Pasar Rakyat - Di Pinggir Jalan

Akhirnya, kami sampai di kota Cianjur, awan mendung tipis masih mengantung di kaki langit.
Cianjur - Jawabarat
Tidak terasa senja tiba, mentari bersembunyi di balik awan, di pinggir jalan banyak ku lihat pedagang jambu air yang besar-besar, merah menggugah selera.
Setelah puas dengan jambu air yang besar-besar, Black Sweet meneruskan perjalanan, terlihat di kejauhan G.Gede.
Senja di Ci Anjur

Istana Negara - Cipanas (Jawa Barat)
Sebelum kami menghabiskan malam di kaki Gunung Gede, kami nikmati dulu malam di Jalan Raya Puncak.

Sibuk Mencatat & Menikmati Jagung bakar
Tempat kami menikmati malam di kaki G.Gede - Jawa Barat
Pagi yang cerah, di kaki G.Gede (Cibodas). Aku pun berjalan dan menelusuri beberapa tempat di kaki G.Gede, ingin hati ini untuk mendaki tetapi niat itu ku urungkan, mungkin lain kali, karena tidak membawa perlengkapan dan niat bukan untuk mendaki.
Cibodas - Jawa Barat

Setelah puas kami menikmati keindahan dan kesejukan kaki G.Gede di Cibodas, Black Sweet pun meneruskan perjalanan menuju Cisarua.
Cisarua, Bogor. Kami beristirahat di rumah Bibi dan Paman, kulihat G.Geulis tidak begitu jauh, ku hampiri kaki gunung, tetapi aku tidak mendakinya lebih ke atas lagi, mungkin lain kali aku akan coba untuk mendaki beberapa Gunung di Cisarua (Ku ketahui dari penduduk), mungkin ini adalah beberapa gunung di kaki Gunung Gede.
Masih banyak lagi tempat yang indah dan mempesona di Bumi Nusantara (Indonesia), semoga kita dapat menjaga dan melestarikannya bersama dengan kemajuan teknologi.

Kupu-kupu & Ayam batik (di Rumah ku)